Jumat, 27 Juni 2008

WiMax Dibuang, 4G Datang

Setelah Verizon dan AT&T mengumumkan rencananya untuk menggunakan LTE guna membangun teknologi 4G, kini giliran Nortel Network, pencipta peralatan Telecom, telah melakukan dumping terhadap bisnis WiMax dan kemudian memfokuskan diri kepada teknologi wireless 4G yang lebih populer.

Nortel mengungkapkan pada minggu ini, bahwa dumping WiMax tersebut lebih menitikberatkan pada masalah uang dan pengembangan usaha pada Long Term Evolution (LTE). Walaupun LTE belum terstandardisasi, tetapi LTE lebih support daripada WiMax untuk pengembangan 4G. Bahkan Vodafone, operator wireless terbesar di dunia, juga berencana menggunakan LTE untuk jaringan generasi mendatang.

Sprint Nextel adalah perusahaan satu-satunya di Amerika yang masih menggunakan WiMax. Perusahaan tersebut pada minggu ini telah bekerja sama dengan Clearwire dan beberapa perusahaan lainnya, termasuk Comcast, Time Warner Cable dan Intel dalam 12 miliar joint venture untuk membangun jaringan WiMax yang lebih luas.

Sprint, perusahaan yang telah melakukan testing jaringan WiMax dalam beberapa tempat, tidak memilih Nortel sebagai salah satu partner perusahaan untuk membangun jaringan yang baru. Bila dibandingkan dengan LTE, WiMax dirasa memiliki kesempatan yang lebih kecil, dan hasilnya seperti yang dilakukan oleh Nortel, AT&T, Verizon, dan Vodafone. Setelah Nortel tidak menggunakan WiMax lagi, Nortel berencana untuk memperluas pasar teknologi 4G dan bekerja sama dengan Alvarion.

Teknologi 4G (Fourth-Generation Technology), sebuah teknologi baru diatas 3G yang menyediakan solusi IP (Internet Protocol) yang komprehensif dimana suara, data, dan multimedia dapat sampai kepada user kapan dan dimana saja, dan lebih cepat dari generasi sebelumnya. Setiap handset 4G telah mempunyai nomor IP v6 dan ditambah kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Dapat digunakan untuk semua jenis transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G dan mudah berintegrasi dengan radio tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Dengan adanya SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon karena sebagian besar akan menggunakan URL. Infrastruktur internet telephony memungkinkan user untuk menciptakan banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum.(h_n)

0 komentar: